Widget HTML Atas

Persiapkan ! Sebentar Lagi Gelombang 12 Kartu Prakerja Akan Di Buka, Ini Jawabannya

Persiapkan ! Sebentar Lagi Gelombang 12 Kartu Prakerja Akan Di Buka, Ini Jawabannya

Persiapkan ! Sebentar Lagi Gelombang 12 Kartu Prakerja Akan Di Buka, Ini Jawabannya - Program Kartu Prakerja yang dimulai sejak 11 April 2020 ini telah berlangsung sebanyak 11 gelombang. Lalu, kapan Kartu Prakerja gelombang 12 akan dibuka via login www.prakerja.go.id, bagaimana cara dan link daftar prakerja? simak ulasannya

Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, program Kartu Prakerja gelombang selanjutnya akan mulai dibuka kembali tahun depan.

"Pembukaan gelombang 12 akan dilakukan tahun 2021 karena seluruh pelatihan akan ditutup pada 15 Desember 2020," ujar Louisa saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (23/11/2020).

Ia mengingatkan, seluruh penerima Kartu Prakerja agar segera membeli dan menyelesaikan pelatihan sebelum 15 Desember 2020.

Sementara, khusus bagi peserta Kartu Prakerja gelombang 11, harus segera menyelesaikan pelatihan pertamanya sebelum 9 Desember 2020. Jika tidak selesai, maka status kepesertaan dapat dicabut dan tidak bisa menerima insentif Kartu Prakerja.

Program Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang diberikan untuk para pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena PHK dan atau pekerja yang membutuhkan peningkatan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Selama pandemi Covid-19, Kartu Prakerja utamanya diprioritaskan bagi pekerja atau buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak pandemi.

Adapun Prakerja tidak diberikan bagi:

  • Pejabat Negara 
  • Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah 
  • Aparatur Sipil Negara 
  • Prajurit Tentara Nasional Indonesia 
  • Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia
  • Kepala Desa dan perangkat desa 
  • Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.


Selain tidak termasuk dalam kelompok di atas, para pendaftar Kartu Prakerja juga harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI), dibuktikan dengan KTP 
  • Berusia paling rendah 18 tahun 
  • Tidak sedang mengikuti pendidikan formal.


Link dan Cara Daftar Prakerja

Pendaftaran Kartu Prakerja bisa dilakukan secara online melalui situs resmi prakerja yaitu https://www.prakerja.go.id/ dengan mengikuti langkah-langkah pada laman tersebut. Pendaftaran Prakerja juga dapat dilakukan secara offline dengan cara mendaftar melalui kementerian atau lembaga atau pemerintah daerah yang dapat dilakukan secara individu ataupun kolektif.

Cara ini bisa dilakukan melalui Kementerian Ketenagakerjaan atau pemerintah daerah khususnya Dinas Ketenagakerjaan.Dengan menjadi penerima Kartu Prakerja maka penerima akan mendapatkan Rp 3.550.000 yang terdiri dari: Biaya bantuan pelatihan sebesar Rp 1.000.000 yang tidak bisa dicairkan (hanya untuk pelatihan). Insentif Rp 600.000 per bulan selama empat bulan (jika sudah menyelesaikan pelatihan) Insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 50.000 untuk setiap survei, Akan ada sebanyak 3 kali survei.


Surat pernyataan gagal prakerja bila sudah gagal seleksi 3 kali

Persiapkan ! Sebentar Lagi Gelombang 12 Kartu Prakerja Akan Di Buka, Ini Jawabannya

Sementara bagi Anda yang sudah mencoba namun tetap tidak lolos seleksi sebanyak 3 kali, Anda dapat mengadukan masalah tersebut ke Kartu Prakerja. Caranya dengan men-download surat pernyataan gagal prakerja 3 kali di halaman FAQ Prakerja. Selanjutnya, isi surat pernyataan tersebut sesuai dengan data diri Anda.

Jika sudah, kirim surat pernyataan gagal prakerja ke email kepesertaan@prakerja.go.id. Nantinya, manajemen pelaksanaan prakerja akan melakukan pengecekan lebih lanjut. Ingat! surat pernyataan gagal prakerja tiga kali ini juga harus ditandatangani di atas materai Rp 6 ribu.

Berikut contoh format surat pernyataan gagal tiga kali sebagaimana dikutip Tribunnews.com dari akun Instagram resmi Kartu Prakerja:


Surat Pernyataan

Saya yang bertanda tangan di baawah ini:

Nama (sesuai eKTP): ........................................................

NIK (sesuai eKTP): ........................................................

Alamat (sesuai eKTP): ........................................................

No Telepon (yang dipakai saat mendaftar Kartu Prakerja): ........................................................

Email (yang dipakai saat mendaftar Kartu Prakerja): ........................................................

dengan ini menyatakan dan menjamin sepenuhnya bahwa:

1. saya adalah Warga Negara Indonesia;

2. saya tidak berusia di bawah 18 (delapan belas) tahun;

3. saya tidak sedang mengikuti pendidikan formal (sekolah/kuliah);

4. saya bukan merupakan salah satu dari kelompok berikut:

a. Pejabat Negara;

b. Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah;

c. Aparatur Sipil Negara (PNS dan P3K);

d. Prajurit Tentara Nasional Indonesia;

e Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia;

f. Kepala Desa dan perangkat desa.

g. Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD);

5. saya bukan penerima bantuan sosial dan Pemerintah Pusat seperti Program Keluarga Harapan (PKH)m Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), Program Kartu Sembako, Bantuan Langsung Tunai (BLT), maupun Penerima Bantuan luran (P81) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan; dan

6. saya telah melakukan pendaftaran sebagai calon penerima Kartu Prakerja dengan cara daring (online) meialui situs resmi Program Kartu Prakerja (www.prakerja.go.id) sebanyak minimal 3 (tiga) kali berturut-turut namun belum berhasil menjadi penerima Kartu Prakerja sampai dengan tanggal surat pernyataan ini dibuat.


........................- .................... 2020

Materai Rp 6.000

........................................................

Solusi dan cara verifikasi email prakerja

Selain cara login www.prakerja.go.id untuk daftar secara online dan gratis prakerja gelombang 11, cek juga cara verifikasi email dan solusi bila gagal mengunggah foto ktp prakerja dan informasi penting lainnya. Sejumlah pendaftar kartu pra kerja banyak yang mengalami kesulitan saat daftar akun di www.prakerja.go.id, di antaranya terkait cara verifikasi email prakerja. Menurut pantauan SURYA.co.id, dalam unggahan terbaru instagram @prakerja.go.id banyak dipenuhi komentar seputar masalah pendaftaran kartu pra kerja. Salah satunya adalah masalah verifikasi email prakerja.


Seorang pendaftar menanyakan mengapa sangat susah melakukan verifikasi email ?

"Verifikasi email susah, knpa ya min"

Komentar itupun dibalas lebih dari 500 pendaftar yang mengalami hal serupa ketika ingin verifikasi email prakerja.

Admin instagram @prakerja.go.id lalu memberikan jawaban atas keluhan tersebut.

Sang admin menyarankan agar terus mencoba sampai mendapat verifikasi email.

Admin @prakerja.go.id juga menyarankan agar menghubungi customer service atau CS.

"Sementara mohon kembali dicoba dan ditunggu dulu ya jika belum mendapat email verifikasi. boleh juga dicoba klik hub CS. Mimin kembali secepatnya untuk menjawab pertanyaan km dan lainnya" tulis admin @prakerja.go.id.


Sekadar informasi, customer service pendaftaran kartu pra kerja

bisa dihubungi via email info@prakerja.go.id Atau bisa juga melalui Call Center Layanan Masyarakat: 021-25541246, dengan jam operasional Call Centre: Senin - Jumat, Pk. 08.00 s/d Pk. 19.00 WIB.

Selain itu, solusi permasalahan saat mendaftar kartu pra kerja juga ada di menu FREQUENTLY ASKED QUESTIONS atau FAQ. Menu FAQ ini sangat membantu para pendaftar kartu pra kerja yang mengalami kesulitan saat mendaftar melalui situs www.prakerja.go.id.

Nah, Itulah Informasi tentang kartu prakerja gelombang 12, Jadi persiapkan mulai dari sekarang ya gays dan bagi yang gagal sudah 3 kali, Ayoo siapkan surat pernyataan bermatrei bahwasanya anda bukan penerima bantuan sosial. Mungkin inilah artikel yang bisa saya share pada pertemuan kali ini, Semoga artikel ini bisa terbantu untuk menjawab pertanyaan temen - temen semua ya.

Sumber artikel : Tribunnews.com

Tidak ada komentar untuk "Persiapkan ! Sebentar Lagi Gelombang 12 Kartu Prakerja Akan Di Buka, Ini Jawabannya"