Widget HTML Atas

PRAKERJA DI TOLAK ? MUNGKIN INI PENYEBABNYA

PRAKERJA DI TOLAK ? MUNGKIN INI PENYEBABNYA - Halo sobat prakerja, Apa kabar semua semoga sehat selalu dan tetap dalam keadaan semangat walaupun dimasa pandemi ini. Sebelumnya tekno.aulaku.com minta maaf banget ya sobat karena sudah beberapa hari kemaren tidak pernah update karena adanya keperluan di dunia nyata sehingga saya tidak bisa on di blogger dan Alhamdulillah hari ini saya ada peluang untuk bisa menulis artikel yang bermanfaat lagi tentunya pembahasan kali ini ada mengenai KARTU PRAKERJA.

 

 

Seperti yang kita ketahui sendiri, Kartu prakerja ini merupakan bentuk peduli pemerintah dimasa pandemi covid-19 yang bantuan tersebut berupa pelatihan daring atau online, Tak hanya itu saja ya sobat selain kamu dapat bantuan pelatihan online pemerintah juga telah memberikan insentif sebesar 3,5 jt bagi pendaftar yang lolos dalam seleksi Kartu Prakerja.

Pihak prakerja sendiri pada tanggal 8 Agustus 2020 telah membuka pendaftaran baru untuk Gelombang 4 yang mana hal tersebut telah di umumkan untuk kelulusannya pada Minggu, 16 Agustus 2020. Ada sekkitar 1,2 jt pendaftar yang masuk saat itu, Namun yang lolos dan layak untuk masuk adalah sekitar 800.000 rb peserta dan pastinya 400rb pendaftar tersebut sudah dinyatakan tidak lolos.

Lantas apa penyebabnya kenapa kita tidak lolos di Gelombang 4 tersebut ? Nah disinilah Tekno.aulaku.com bakal ulas alasan kenapa anda gagal untuk masuk di Gelombang 4.

Nama harus tidak termasuk daftar terlarang 

Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menjelaskan, ada beberapa elemen dalam menyeleksi calon peserta Kartu Prakerja.

Louisa menyebutkan, calon peserta Kartu Prakerja tidak akan lolos jika nama mereka masuk daftar terlarang. "Seleksi peserta melibatkan banyak elemen. Misalnya nama mereka harus dipastikan tidak termasuk dalam daftar terlarang sesuai Permenko Nomor 11 Tahun 2020, misalnya ASN, anggota TNI, Polri, dan lain-lain," kata Louisa saat dihubungi Kompas.com, Minggu (16/8/2020). 

Hal lain yang harus dipastikan, tidak sedang menempuh pendidikan formal, tidak sedang bekerja, dan lain-lain. "Kami juga tetap memberi prioritas bagi pendaftar yang masuk dalam whitelist dari Kemnaker," imbuh Louisa. Oleh karena itu, ia menekankan, calon peserta Kartu Prakerja harus mengisi data sesuai dengan kondisinya saat ini.

Keaslian data

Selanjutnya, kata Louisa, pengelola Kartu Prakerja juga akan mengecek keaslian data yang sebelumnya telah diisi calon peserta. "Apa yang mereka tulis akan kami crosscheck dengan data kami," kata Louisa.

Louisa mengatakan, Kartu Prakerja bersifat digital. Oleh karena itu, semua data akan terhubung dan terverifikasi. "Misalnya, kalau salah memasukkan nama maka NIK tidak akan bisa terverifikasi, begitu juga antara NIK dan KK," ucap Louisa.

Kesalahan mengisi informasi yang diminta, bisa menjadi salah satu yang menyebabkan tidak lolos. Misalnya, ketidakcocokan antara nama dan NIK atau NIK dan KK. Ia menyebutkan, ada banyak faktor lain seperti apakah termasuk dalam daftar terlarang (negative list) dan apakah termasuk dalam daftar prioritas Kemnaker (whitelist). "Salah satu kesalahan yang bisa terjadi yakni ketidak cocokan antara nama dan NIK atau NIK dan KK," papar dia.

Saat ditanya apa kesalahan yang paling sering terjadi hingga menyebabkan peserta Kartu Prakerja tidak lolos, Louisa tak bisa memastikan. "Nah itu harus saya cari tahu dulu. Agak susah kalau mengatakan paling banyak," kata dia. Louisa memastikan, proses seleksi Kartu Prakerja berlangsung transparan dan langsung, tanpa campur tangan pihak lain.

Selama semua data yang dimasukkan benar dan sesuai ketentuan, peluang lolos akan besar. "Selama semua data yang dimasukkan adalah benar, dan yang mendaftar memang memenuhi persyaratan sebagai peserta seperti yang diatur dalam Permenko Nomor 11 Tahun 2020 maka setiap orang memiliki peluang untuk lolos seleksi," kata dia.

Nah, Itulah penyebab kenapa kamu tidak lolos dalam seleksi tersebut, Mungkin hanya itulah yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini, semoga sobat bisa memahami alasan kenapa kamu bisa tidak lolos dalam selesi tersebut, Jika anda merasa masuk kategori namun belum juga lolos, Yang sabar ya sob karena nantinya kamu pasti lolos juga kok dan saran bagi yang ngak lolos jangan mendaftar ulang ya sobat, kamu cukup gabung digelombang yang sudah disediakan. Terimakasih atas kunjungannya semoga artikel ini bisa menfaat buat anda. See You !!!!



Sumber : Kompas